Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Sesuai namanya, Pantai Seger di Lombok merupakan salah satu pantai  yang masih alami dengan hamparan pasir putihnya yang menawan cocok bagi anda penikmat kesegaran alam. Dibalut  panorama perbukitan khas pantai-pantai Lombok tengah bagian selatan, pantai Seger  memiliki  panorama batu karang yang menyembul dari tengah laut yang kerap kali disebut dengan Batu Tengkong (batu jamur). Baru karang ini hanya dapat di capai oleh pengunjung pada saat air laut mulai surut.  Hamparan pasir putihnya yang bersih dan menawan serta  jernihnya air laut membuat  segar sejauh mata memandangnya. Selain itu hijaunya pemandangan alam sekitar  dan bening nya air laut membuat pantai seger di kunjungi banyak wisatawan  baik lokal maupun imanca negara.

Lokasi Menuju Pantai Seger

Kalau anda bermaksud mengunjungi pantai seger, Anda harus memahami lokasi dimana pantai seger berada. Pantai Seger berada di Lombok Tengah bagian selatan, yaitu berada 2 km arah timur Pantai Kuta Lombok dan masih berada se garis dengan pantai yang sama dengan Pantai Kuta Lombok, tak jauh dari Pantai Seger terdapat Pantai Torok Bere atau Pantai Serenting, dan di paling ujung kita akan menemui Pantai Tanjung Aan.   Jarak tempuh dari Bandara International Lombok di Praya menuju Pantai Seger sekitar 30 menit dengan menggunakan taksi, jasa travel, ataupun mobil, mengingat tidak ada tranportasi umum yang melewati lokasi Pantai Seger. Sedangkan dari Kota Mataram akan menempuh jarak  sekitar 52 km dengan estimasi waktu kurang lebih 50 menit menuju Pantai Seger. Jika, posisi kita berada di kawasan wisata Pantai Senggigi akan lebih jauh lagi jarak tempuh untuk menuju Pantai Seger di Lombok Tengah, waktu yang diperlukan sekitar 2 jam perjalanan.


Keunikan  Pantai Seger di Lombok


Pantai Seger, seperti namanya, pantai ini identik  dengan suasara kesegaran,  pantai dengan suasana yang tenang dan asri membuat kita lebih refresh. Dipantai ini akan kita dapatkan suasana  tenang dan sepi. Sehingga kita bisa menikmati suasana pantai dengan lebih leluasa, maka, Suasananya yang sepi sangat pas untuk bermalas-malas menikmati liburan, berjemur atau hanya duduk sambil menikmati keelokan pantai. Jernihnya air membuat karang yang tertimbun di dasar laut dengan mudah terlihat, sebuah pemandangan yang sangat indah. Bahkan, kita bisa menapaki karang-karang yang bemunculan saat air surut dan berjalan ke arah tengah laut, jika beruntung kita dapat menemukan ikan-ikan kecil yang bersembunyi malu di balik karang.

Pada bulan-bulan tertentu, biasanya bulan Februari atau Maret tiap tahunnya, kita dapat mengikuti kegiatan Bau Nyale (menangkap cacing laut) di Pantai Kuta dan Pantai Seger. Bau Nyale merupakan ritual tahunan yang ditandai munculnya cacing laut (nyale) yang dipercaya sebagai titisan Putri Mandalika. Tidak hanya menonton atau ikut menangkap nyale, kita juga bisa mencicipi makanan dari nyale, yang menurut orang Lombok rasanya sangat enak dan gurih.


Harga tiket masuk dan Fasilitas Pantai Seger di Lombok


Untuk menikmati keindahan Pantai Seger di Lombok ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk mobil, dan Rp. 5.000 bagi pengendara motor. Fasilitas parkir kendaraan yang luas juga tersedia di area pantai ini. Setelah memasuki area pantai, kita akan disambut dengan birunya laut dengan berbatas pasir putih yang sangat halus, hembusan angin yang akan membuat pikiran penat bisa menjadi segar kembali. Di sekitar pantai, sesekali kita akan menjumpai warga lokal yang menawarkan aksesoris dan kain tenun khas daerah Lombok.



Penginapan atau Hotel di sekitar Pantai Seger di Lombok


Seiring makin berkembangnya wisata pantai di Lombok Tengah bagian selatan, terutama di Pantai Kuta Lombok dan sekitarnya, kondisi ini berimbas dengan makin banyaknya homestay, penginapan ataupun hotel yang di bangun di kawasan ini. Salah satu hotel berbintang yang sudah beroperasional di sekitar Pantai Kuta dan Pantai Seger adalah Hotel Novotel Lombok, selain itu, puluhan hotel dan homestay lain juga tersebar di sekitar Pantai Kuta Lombok, yang lokasinya hanya sekitar 2 km dari Pantai Seger.
sumber : informasipanduanwisata.blogspot.com