Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Untuk kita para suami, jadikan Rosulullah sebagai tauladan yang baik bagi kita umat islam, demikian juga untuk  hubungan suami istri, rosullullah memberi tauladan yang sangat bijaksana kepada kita ummat islam. Bagaimana rosullulah memperlakukan istri-istrinya, panggilan sayang rasulullah kepada istrinya, sebaiknya kita menjadikan beliau sebagai panutan dalam bersikap termasuk memperlakukan istri dengan baik.

Ada sebuah kisah, suatu hari ketika istri-istri Rasullullah saw berkumpul dengan suaminya dan mereka bertanya, “Diantara istri-istri Rasul, siapakah yang paling disayangi?”. Rasulullah tersenyum dan berkata, “Aku akan beritahukan kepada kalian nanti”

Selanjutnya pada kesempatan yang lain, Rasulullah SAW memberikan cincin kepada istri-istrinya masing-masing sebuah cincin seraya berpesan agar mereka tidak memberitahu kepada istri yang lain.

Pada suatu hari istri-istri Rasul berkumpul lagi dan selanjutnya mengajukan pertanyaan yang sama. Rasulullah menjawab, “Yang paling aku sayangi adalah mereka yang telah kuberi cincin”. Kemudian, istri-istri Nabi Muhammad SAW tersenyum puas karena menyangka hanya dirinya yang mendapat cincin dan merasakan bahwa dirinya mendapat perhatian lebih dari istri yang lain. Begitulah kisah romantis dari figur rosul tauladan ummat akhir jaman ini.

Selain itu untuk mendapatkan suasana romatis seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. beliau pernah bersabda, “Apabila pasangan suami istri berpegangan tangan, dosa-dosa akan keluar melalui celah-celah jari mereka”. Subhanallah..Rasulullah SAW selalu berpegangan tangan dengan Aisyah ketika di dalam rumah. Beliau acapkali memotong kuku istrinya, mandi janabat bersama-sama, atau mengajak salah satu istrinya bepergian, setelah sebelumnya mengundinya untuk menambah kasih dan sayang di antara mereka.

Demikian juga untuk panggilan sayang rasulullah kepada istrinya, baginda rosul juga selalu memanggil istri-istrinya dengan panggilan yang menyenangkan dan membuat hati mereka berbunga-bunga. Sebagai contoh. panggilan “wahai si pipi kemerah-merahan” adalah panggilan sayang rasulullah kepada aisyah yang selalu beliau ucapkan tatkala memanggil Aisyah.
Rasulullah SAW telah banyak memberi contoh dan tauladan yang dapat kita praktekkan dalam kehidupan berumah tangga dan tentunya masih banyak contoh romantis lainnya.

Kepada suami-suami yang baik, mulailah bersikap lembut dan berupaya membuat sang istri selalu mengembang senyumnya. Peganglah tangan istri anda setiap waktu, setiap kesempatan. Begitu pula para istri-istri yang sholehah, peganglah juga tangan suami anda untuk menghapuskan segala dosa-dosa. Semoga rumah tangga kita menjadi rumah tangga yang penuh romantisme sesuai tuntunan nabi Muhammad saw, menjadi rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rohmah. Aamiiin.