Arrow
Arrow
Shadow
Slider

Pada jaman sekarang, sebuah buket bunga untuk pengantin merupakan hal yang dianggap penting yang wajib diketahui oleh pasangan pengantin. Meskipun banyak pula yang menganggap hal tersebut tidak berarti apa-apa. Biasanya pengantin yang memakai buket bunga adalah pengantin yang berbusana internasional (Barat), tapi tidak sedikit pula yang berpakaian tradisional pun memakai buket bunga. Buket pengantin tidak hanya menambah cantiknya gaun pengantin, tapi rangkaian bunga tersebut merupakan pencerminan dari sang pengantin sendiri, karena dari bunga tersebut menunjukkan warna favorit, bunga favorit, dan wewangian yang disukai oleh sang pengantin.


Salah satu pertimbangan yang paling penting adalah bahwa buket pengantin harus dapat melengkapi gaun pengantin wanita. Jika sang pengantin bertubuh tinggi dan ramping, maka lebih baik memilih buket yang besar misalnya saja sebuah buket mawar ikat yang agak besar atau tulip merupakan pilihan yang baik. Untuk pengantin yang memiliki perawakan mungil, seikat bunga lili, anggrek dendrobium, atau mawar kecil akan baik. Seorang pengantin yang memiliki ketinggian rata-rata dapat memilih hampir semua gaya dan bunga.

Rangkaian bunga tidak hanya berbentuk seikat bunga tapi bisa berupa rangkaian yang diikatkan pada tangan. Dan hal itulah yang sekarang ini menjadi tren bagi pasangan pengantin. Rangkaian bunga yang diikatkan di tangan dapat dibuat dengan hampir semua jenis bunga. Namun bunga mawar biasanya menjadi pilihan pertama. Mawar memiliki banyak pilihan warna yang dapat dikombinasikan sehingga dapat menjadi sebuah rangkaian yang indah. Bunga mawar yang sudah mekar biasanya lebih banyak diminati daripada mawar yang masih kuncup, dan bunga ini dapat digunakan sepanjang tahun.

Rangkaian bunga ikat sangat populer dan dari tahun ke tahun semakin banyak diminati oleh pasangan pengantin. Tetapi rangkaian bunga yang dibuat menjuntai ke bawah pun masih disukai oleh pasangan pengantin. Tetapi karena rangkaian bunga yang menjuntai itu begitu besar dan sulit membuatnya, menyebabkan rangkaian ini bernilai mahal. Dan untuk saat ini, rangkaian bunga yang kecil, yang lebih ringan sehingga mudah dibawa dan lebih mudah membuatnya, banyak diminati oleh pasangan pengantin modern.

Setiap bunga atau beberapa bunga dapat digunakan untuk membuat rangkaian bunga tersebut. Misalnya saja mawar, anggrek, tanaman-tanaman liar, bahkan tumbuhan semak-semak dapat dijadikan sebagai buket bunga, malah bunga-bunga itulah yang paling populer diantara bunga yang lain. Calla, lili dan anthurium adalah pilihan bagus untuk tema yang lebih modern.

Memang dalam merangkai sebuah buket bunga untuk sebuah pernikahan dibutuhkan kreatifitas yang tinggi. Dengan beberapa bunga yang ada dan ditambah dengan tangkai-tangkai kecil yang merambat atau tumbuh-tumbuhan liar dapat dirangkai sedemikian rupa sehingga buket pengantin yang indah dapat terlihat sempurna melengkapi busana pengantin yang dipakai oleh sang mempelai.

Untuk merangkai bunga pernikahan perlu memperhatikan beberapa hal. Selain memperhatikan bunga apa yang akan dipakai, juga perlu memperhatikan tanaman-tanaman hijau sebagai pemanis sehingga rangkaian tersebut kelihatan lebih hidup. Selain itu yang perlu diperhatikan lagi adalah memilih wewangian yang sangat sesuai dengan kepribadian sang pengantin.